Hong Hae-In (Queen Of Tears): Ternyata Kedekatan Emosial dengan Ibu Sangat Penting

Ilustrasi kedekatan emosional dengan ibu
Source Bing Image Creator 

Oleh: Dara Nabila*

Halo sobat remaja, siapa nih di sini yang udah nonton Queen Of Tears? Pastinya udah tau dong gimana hubungan Hong Hae-in dengan ibunya! 

Nah, sobat remaja dari K-drama yang udah kita nonton, ada beberapa yang dapat kita ambil sebagai pelajaran, salah satunya adalah penting bagi kita menjaga hubungan baik dengan ibu.

Hong Hae In
Source Google 

Dari Hong Hae-in kita tahu bahwa dia sulit untuk berhubungan baik dengan lingkungan sekitar, seperti bersikap acuh tah acuh dengan karyawan di kantor, kurangnya komunikasi yang baik dengan suami, dan juga tidak merasa dekap dengan keluarga.

Sobat remaja tau nggak? Kalau hubungan baik dengan ibu bisa mengurangi risiko anak untuk memiliki hubungan yang tidak sehat dengan masa depannya.

Ayo siapa di sini yang masih Love-hate relationship sama ibunya?

Sini aku kasih tau beberapa tips supaya bisa dekat dengan ibu tanpa ada rasa gengsi.

1.Komunikasi

Luangkan waktu untuk berbicara dengan ibu secara teratur. Tanyakan tentang harinya, dengarkan ceritanya, dan pastinya bagikan cerita kamu.

Kamu bisa bersikap terbuka dan jujur dengan ibu. Bagikan perasaan dan pikiran kamu dengan ibu, dan dengarkan juga perasaan dan pikirannya.

Gunakan bahasa cinta yang tepat. Beberaa ibu lebih suka mengungkapkan kasih sayang melalui kata-kata, sentuhan fisik, tindakan pelayanan, hadiah, atau waktu berkualitas. Cari tahu apa yang paling disukai ibu oleh kamu dan tunjukkan kasih sayang kamu dengan cara itu.

2. Aktivitas Bersama

Lakukan hal-hal yang kalian berdua sukai. Ini bisa berupa apa saja ya sobat remaja, mulai dari menonton film hingga memasak bersama hingga pergi jalan-jalan.

Coba hal-hal baru bersama. Ini bisa menjadi cara yang bagus untuk menjalin ikatan dan menciptakan kenangan baru.
Berikan bantuan kepada ibu. Tawarkan bantuan untuk tugas-tugas di sekitar rumah, atau bantu dia dengan tugas-tugas lain.

3.Kasih Sayang dan Penghargaan

Beri tahu ibu kamu betapa kamu mencintainya dan menghargainya. Ucapkan "Aku mencintaimu" secara teratur, dan tunjukkan kasih sayang kamu dengan tindakan kamu. Atau jika kamu tetap merasa gengsi kamu bisa mengucapkannya sambil melakukan hal hal yang indah dan secara tiba tiba.

Berikan hadiah kepada ibu. Ini tidak harus mahal, tetapi itu harus sesuatu yang dia sukai dan hargai. Dijamin deh ibu kamu pasti melting!

Lakukan sesuatu yang istimewa untuk ibu. Ini bisa berupa apa saja, mulai dari memasak makan malam untuknya hingga menulis surat untuknya.

Nah, sobat remaja itu adalah beberapa tips yang bisa kamu terapkan untuk mendekatkan hubungan emosianalmu dengan ibu kamu.
Sobat remaja ada banyak sekali manfaat yang kita dapatkan yang secara tidak langsung itu berdampak kepada diri kita sendiri baik secara mental, fisik, sosial, dan juga kognitif.

Yuk, simak penjelasannya!

1.Bermanfaat bagi Kesehatan Mental dan Emosional

a. Meningkatkan Rasa Percaya Diri dan Harga Diri 

Anak atau remaja yang memiliki hubungan yang dekat dengan ibu mereka cenderung merasa lebih percaya diri dan memiliki harga diri yang lebih tinggi.

b. Mengurangi Stres dan Kecemasan

Kedekatan emosional dengan ibu dapat membantu anak atau remaja untuk lebih mudah mengatasi stres dan kecemasan.

c. Meningkatkan Kesehatan Mental

Anak atau remaja yang memiliki hubungan yang dekat dengan ibu mereka cenderung memiliki risiko yang lebih rendah untuk mengalami masalah kesehatan mental seperti depresi dan kecemasan.

2. Bermanfaat bagi Kesehatan Fisik

a. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Anak atau remaja yang memiliki hubungan yang dekat dengan ibu mereka cenderung memiliki sistem kekebalan tubuh yang lebih kuat.

b. Menurunkan Tekanan Darah

Kedekatan emosional dengan ibu dapat membantu menurunkan tekanan darah anak atau remaja

c. Mengurangi Risiko Penyakit Kronis

Anak atau remaja yang memiliki hubungan yang dekat dengan ibu mereka cenderung memiliki risiko yang lebih rendah untuk mengalami penyakit kronis seperti obesitas dan diabetes.

3. Bermanfaat bagi Hubungan dan Interaksi Sosial

a. Membangun Keterampilan Sosial yang Kuat

Anak atau remaja yang memiliki hubungan yang dekat dengan ibu mereka cenderung memiliki keterampilan sosial yang lebih kuat, seperti empati, komunikasi, dan kerjasama.

b. Membangun Hubungan yang Sehat

Anak atau remaja yang memiliki hubungan yang dekat dengan ibu mereka cenderung lebih mudah untuk membangun hubungan yang sehat dengan orang lain di kemudian hari.

c. Meningkatkan Rasa Aman dan Stabilitas

Kedekatan emosional dengan ibu dapat memberikan rasa aman dan stabilitas bagi anak atau remaja, yang dapat membantu mereka untuk berkembang dan belajar dengan maksimal.

4. Bermanfaat bagi Perkembangan Kognitif

a. Meningkatkan Performa Akademis

Anak atau remaja yang memiliki hubungan yang dekat dengan ibu mereka cenderung memiliki performa akademis yang lebih baik.

b. Meningkatkan Kreativitas

Kedekatan emosional dengan ibu dapat membantu meningkatkan kreativitas anak-anak.

c. Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah

Anak atau remaja yang memiliki hubungan yang dekat dengan ibu mereka cenderung memiliki kemampuan pemecahan masalah yang lebih baik.

Nah, sobat remaja sudah tahu kan tips supaya dekat dengan ibu, mungkin jika kamu masih bingung dengan menerapkan tips ini karena beberapa alasan. 

Coba untuk memafkan ibu kamu, karena semua orang membuat kesalahan, termasuk ibu. Jika ibu kamu telah melakukan sesuatu yang menyakiti kamu, maka cobalah untuk memaafkannya. 

Sobat remaja juga harus bersabar, dalam membangun hubungan yang dekat membutuhkan waktu dan usaha, kamu jangan berkecil hati yaa jika tidak ada hasil yang segera, percayalah bahwa kedekatan yang berlangsung sedikit demi sedikit lebih indah dari pada hubungan yang berlangsung cepat tapi tidak berlangsung lama. Semangat sobat remaja!!

* Mahasiswa Fakultas Psikologi UIN Ar-Raniry Banda Aceh

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url

Artikel Relevan