Clock

Pentingnya Komunikasi Interpersonal dalam Hubungan Pernikahan: Review Drama Korea “Queen of Tears”

Ilustrasi komunikasi interpersonal


Oleh: Tia Sasti Ananda Putri*

Pengantar: Sepintas tentang "Queen of Tears"

Drakor (drama Korea) sering kali tidak hanya menghibur, tetapi juga menyampaikan pesan yang mendalam tentang kehidupan dan hubungan manusia. Salah satu drakor yang sedang digemari oleh banyak orang bahkan di berbagai kalangan saat ini adalah “Queen of Tears”.
Queen of Tears
Source: Google
Drama ini memiliki total 16 episode dan tayang mulai dari 9 Maret 2024 hingga 28 April 2024. Serial ini memiliki durasi sekitar 1 jam 20 menit per episode dan disiarkan di saluran Korea tvN. "Queen of Tears" mendapat rating konten 15+ untuk remaja 15 tahun ke atas.

Drama Korea "Queen of Tears" adalah sebuah serial drama yang mengisahkan tentang kisah cinta antara seorang CEO pusat perbelanjaan dan suaminya yang berasal dari kota kecil yang sedang mengalami krisis perkawinan dikarenakan kurangnya interaksi interpersonal.

Pengertian dan Pentingnya Komunikasi Interpersonal

Komunikasi interpersonal sendiri adalah proses pertukaran informasi, ide, perasaan, dan pendapat antara dua orang atau lebih. 

Dalam komunikasi interpersonal, terjadi interaksi langsung antara individu-individu tersebut, baik secara verbal maupun non-verbal. 

Tujuan utama dari komunikasi interpersonal adalah untuk membangun hubungan yang baik, saling memahami, dan menciptakan koneksi emosional antara individu-individu yang terlibat.

Deborah Tannen, seorang ahli linguistik, mengkaji perbedaan dalam gaya komunikasi antara pria dan wanita. Dia menyoroti pentingnya pemahaman perbedaan ini dalam meningkatkan komunikasi interpersonal dan menghindari konflik.

Virginia Satir, seorang terapis keluarga terkenal, menekankan pentingnya komunikasi yang jujur, terbuka, dan empatik dalam hubungan interpersonal. Dia mengembangkan pendekatan terapi keluarga yang menekankan peran komunikasi dalam memperkuat hubungan keluarga.

Para tokoh ini memberikan wawasan yang berharga tentang pentingnya komunikasi interpersonal dalam membangun hubungan yang sehat dan bermakna. 

Pandangan mereka dapat menjadi pedoman dalam meningkatkan keterampilan komunikasi interpersonal dan memperkuat hubungan dengan orang lain.

Sebuah penelitian dari Universitas Indonesia (2019) menemukan bahwa orang Indonesia lebih cenderung mempercayai informasi yang mereka terima dari seseorang yang mereka kenal secara langsung daripada dari seseorang yang tidak mereka kenal.

Penelitian lain dari Universitas Gadjah Mada (2020) menemukan bahwa orang Indonesia lebih cenderung merasa terhubung dengan orang lain ketika mereka berkomunikasi secara tatap muka daripada ketika mereka berkomunikasi secara online.

Data penelitian di atas menunjukkan bahwa komunikasi interpersonal adalah keterampilan yang penting untuk kesuksesan dalam hidup. 

Orang yang pandai berkomunikasi interpersonal lebih mungkin memiliki hubungan yang kuat dan sehat, dan merasa bahagia dan puas dengan hidup mereka.

Dalam drama "Queen of Tears", karakter-karakter utama mengalami berbagai konflik dan tantangan dalam hubungan mereka. 

Namun, mereka juga menunjukkan pentingnya komunikasi terbuka dan jujur dalam mengatasi masalah-masalah tersebut. 

Terdapat beberapa poin penting yang dapat kita ambil sebagai pembelajaran bahwa komunikasi itu merupakan hal yang sangat penting dalam sebuah hubungan, yaitu :

1. Membangun Keterbukaan dan Kepercayaan

Komunikasi yang terbuka antara pasangan membantu membangun keterbukaan dan kepercayaan di antara mereka. Hal ini memungkinkan mereka untuk saling berbagi perasaan, kekhawatiran, dan harapan dengan jujur.

2. Menyelesaikan Konflik dengan Bijaksana

Ketika ada konflik dalam hubungan, komunikasi interpersonal yang efektif memungkinkan pasangan untuk mencari solusi secara bersama-sama tanpa menyalahkan satu sama lain. Ini membantu menghindari pertumpahan emosi yang tidak perlu.

3. Membangun Koneksi Emosional yang Mendalam

Komunikasi yang baik memungkinkan pasangan untuk saling memahami secara lebih baik, sehingga memperdalam koneksi emosional di antara mereka. Mereka menjadi lebih peka terhadap kebutuhan dan keinginan satu sama lain.

4. Mencegah Miskomunikasi dan Salah Paham

Ketidakpahaman dan kesalahpahaman seringkali dapat menyebabkan ketegangan dalam hubungan. Dengan berkomunikasi secara efektif, pasangan dapat menghindari miskomunikasi dan memperbaiki kesalahpahaman dengan cepat.

Queen of Tears: Pesan-pesan Pentingnya Komunikasi Interpersonal 

Pesan yang disampaikan oleh drakor ini adalah bahwa komunikasi interpersonal yang baik adalah kunci untuk membangun hubungan yang sehat dan kuat. 

Drama ini juga menyoroti pentingnya ketulusan dan kejujuran dalam hubungan. Ketika ada ketidakjujuran dan pengkhianatan, hubungan dapat hancur dan menyebabkan konsekuensi yang menyakitkan. 

Meskipun drama ini penuh dengan konflik dan pengkhianatan, pesan tentang pentingnya memberikan maaf dan menerima kesalahan juga tersirat. 

Pengampunan dapat membawa kesembuhan dan rekonsiliasi dalam hubungan.

Melalui kisah dan karakter dalam "Queen of Tears", penonton dapat belajar tentang kompleksitas hubungan manusia, pentingnya nilai-nilai seperti kejujuran, komunikasi, pengampunan, kesetiaan, dan kepercayaan dalam membangun hubungan yang sehat dan berkelanjutan.

Penutup

Komunikasi interpersonal yang efektif adalah pondasi yang penting dalam hubungan pasangan. Terinspirasi dari pesan-pesan dalam drakor "Queen of Tears", kita dapat belajar betapa pentingnya keterbukaan, kejujuran, dan empati dalam menjaga keharmonisan dan kebahagiaan dalam hubungan kita. Dengan membangun komunikasi yang baik, pasangan dapat mengatasi berbagai rintangan dan tumbuh bersama sebagai tim yang solid.[]

• Mahasiswi Fakultas Psikologi  UIN Ar-Raniry Banda Aceh
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url

Artikel Relevan